26
Jun
08

Firefox Rakus Memori? Gunakan Firefox Ultimate Optimizer

Kita semua tentu tahu Mozilla Firefox, sehingga sepertinya saya sudah tidak perlu lagi menjelaskan serba-serbi browser yang satu ini.

Saya menggunakan Firefox sudah cukup lama, semenjak versi 1.x, 2.x hingga kini berlanjut versi 3 yang belum lama ini diluncurkan dan mencatat rekor download yang fantastis: 8 juta download dalam 24 jam pertama! Bandingkan dengan Firefox 2 yang ‘hanya’ didownload 1,6 juta kali saat peluncurannya.

Saya menggunakan Firefox karena berbagai alasan, pertama fitur multi-tab nya yang menyenangkan, jauh sebelum IE versi 7 merilis tab ini. Kedua, begitu banyak add-on yang sangat sangat memperkaya fitur Firexof sehingga memudahkan aktifitas selancar saya. Belum lagi Firefox yang relatif ‘kebal’ terhadap trojan. Beberapa rekan kerja yang menggunakan IE berkali-kali dihajar Trojan yang ternyata tidak terdeteksi oleh antivirus. Masih banyak lagi alasan lainnya.

Namun demikian, satu hal dari Firefox yang tidak saya sukai adalah kerakusannya dalam menggunakan memori. Banyak yang menyebut hal ini sebagai “memory leak” alias kebocoran memori. Jika saya mengoperasikan Firefox secara kontinyu selama beberapa jam dan simultan membuka banyak tab, maka komputer saya lama kelamaan akan terasa sangat lambat. Begitu saya cek di Task Manager > Process, masya Allah, memori yang digunakan oleh Firefox bisa mencapai ratusan MB.

Setelah mencoba tips dan trik untuk mengurangi memory leak ini – dan ternyata cukup banyak yang mengalaminya, saya sampai pada satu aplikasi kecil (stand alone) bernama Firefox Ultimate Optimizer (FUO). Sebenarnya sejak lama saya mendengar nama ini, tapi selama ini saya tidak begitu memperdulikannya, sampai saya membaca salah satu review tentangnya di sini, dan karena kemalasan saya, saya berusaha mencari versi bahasa Ibu, dan ketemu di sini.

Saya jadi penasaran dan kemudian mendownload DI SINI. “Klo gak jalan, ya tinggal uninstall”, begitu pikir saya. Setelah saya install dan saya jalankan, terkaget-kagetlah saya. IT WORKS, MAAN..!! Begitulah kata wong londo sana kalau kegirangan.

Untuk jelasnya, kita tampailkan saja sekrinsyut nya supaya tidak basbang.

Ini memori yang dikangkangi Firefox, sebelum install FUO:

Firefox yang rakus memori

Firefox makan memori sampai 125 MB? Yeah. Tapi lihat Outlook, hehehe…

Nah setelah diinstall, begini jadinya…

Firefox yang sudah tobat...

Firefox sekarang hanya memakan memori sebesar 1,98 MB saja. Dan ini bertahan terus selama saya menjalankan Firefox, kalaupun naik, biasanya tak lebih dari 5-6 MB saja.

Sebenarnya, apa sebenarnya yang dilakukan oleh si FUO ini? Embuh je… masih males nyari, pokoknya Firefox saya sekarang gak rakus memori lagi.

Monggo dicoba..


13 Responses to “Firefox Rakus Memori? Gunakan Firefox Ultimate Optimizer”


  1. 8 July 2008 at 14:45

    Firefox emang dari dulu yang paling rakus masalah memori dari 3 jajaran IE, firefox n opera. Aq sendiri lebih suka make opera karena lebih stabil dan lebih cepat ketimbang firefox. Tapi untuk ada Firefox Ultimate Optimizer, jadi lebih hemat memori neh. Klo nggak ada firebug, mungkin aq nggak bakal pake firefox😀

  2. 2 zz
    23 August 2008 at 15:08

    aq mau bilang terus… sesudah membuka fuo program ini… solo antivirus mengesahkan ia sejenis trojan!! jd gmana sih

    • 17 December 2008 at 22:23

      Saya belum pernah menggunakan Solo Antivirus.. kira-kira bisa diberi semacam exception ndak yah, supaya tetap jalan. FUO bukan virus, sampai saat ini saya masih memakainya dan berjalan bagus…

  3. 30 December 2008 at 18:33

    Hati hati bro, ‘optimizer’ ini cuma memindahkan RAM usage FF ke Virtual Memory, yang berarti CPU musti bekerja ekstra. Coba tes dengan dan tanpa optimizer, pengalaman gw sih awalnya kagum, gila firefox cuma pake 1MB memory? tapi kok kayaknya CPU graph gak pernah idle ya?. Dan beberapa anti spyware juga bilang ini trojan, ngga tau deh bener apa engga.

    “Use it with ur own risk”

  4. 5 gandaDERITA
    1 January 2009 at 14:58

    iye kayaknya, setelah saya perhatikan setelah menggunakan FUO penggunaan CPU diatas 50% sedang penggunaan RAM utk firefox amat drastis turunnya…namun kita juga harus bicara masalah CPUNya juga donk…walo RAM kita banyak tempet kosongnya, tapi kalo CPU berjalan di atas 50% trus apa yg akan terjadi…mending kalo mw pake FRFOX kudu harus sediain memory gede..
    selama saya pake FRfox saya belum pernah menjumpai pemakaian memory FRfox saya hingga 120 MB..yg saya gunakan berkisar antara 50-60 MB saja dengan tab yg terbuka diatas 6 tab kalo pun banyak paling 90-an MB
    Mending coba kulik aja di config nya FRfox (no risk) ..lebih asik ketimbang pake FUO
    Sekarang saya sedang jajalin opera 10 alpha..tp tetep FRfox andalan saya..
    BTW thanks atas infonya
    bravoo

  5. 22 October 2009 at 05:11

    saya pernah pake ntu,,trus firefox saya tak uninstall itu juga app nya ilang (FUOnya)..
    pas sekarang ku donloot lagi kok aplikasi eror ya??gimana tuh?

  6. 7 Raihan
    19 December 2009 at 10:50

    aq pernah nge download FUO, tp error teruz! gimana cara supaya FUO saya gak error?

  7. 8 candra
    23 January 2010 at 01:01

    saya ingin tanya saya udah download tapi pas mau diinstal kenapa anti virus ngedtect kalo itu virus solusi’a kasih tau ya

  8. 9 douwesdekker
    27 June 2010 at 18:01

    di AVG anti virus, ini memang terdetek sbg trojan… jd ga jadi saya pake, tp klo baca dr coment kayanya FUO oke jga, i’ll try… trojan syapa takut……
    coz memori FRfox detik ini sy tulis coment = 208.456 serius/asli..!!! dng 6tab terbuka

  9. 7 November 2010 at 23:00

    di mcafee saya FUO terdeteksi sebagai trojan.. gimana tuh?

  10. 5 June 2011 at 10:10

    Cobain firefox 4!!!
    dahsyyyatt sobbb!


Leave a Reply

