02
Jun
08

Shalat Jum’at dan Anak Kecil

Hari ini hari Jum’at, jadi waktunya Shalat Jum’at.

…pembuka tulisan yang aneh😀 ..anak kecil juga tau..

Seperti biasa, saya shalat Jum’at di masjid dekat kantor. Mm, ndak deket-deket amat sebenarnya, karena harus jalan kaki lebih dari 5 menit. 5 menit lebih sekian detik, tepatnya. Halah… Selain di masjid ini, saya kadang shalat Jum’at di Gedung RNI atau kantor Diknas di Jl. Gatot Subroto. Tapi jarang sekali shalat di 2 masjid tadi, karena selain jaraknya yang jauh lebih jauh (maksudnya jauh banget, gitu..), jarang ada yang ngajak ke sana. Padahal saya suka loh shalat di sana, sumpeh deh, pakai AC soale.. ck ck ck…

Kembali ke masjid langganan saya. Seperti biasa, saya naik ke lantai 2 dan mengambil posisi strategis. Dekat tiang atau tembok biar bisa nyender? Bukan. Itu dulu😀 Kalau sekarang, posisi strategis yang saya maksud adalah: tepat di bawah kipas angin. Maklum, postur tubuh saya yang punya banyak kelebihan ini (dalam satuan kilogram), mensyaratkan tempat yang nyes jika berdiam dalam waktu lama. Kalau tidak, badan saya akan gobyos oleh keringat. Hii..

Saat sedang asyik mendengarkan khutbah sampai terkantuk-kantuk, tiba-tiba saya dikejutkan oleh suara anak kecil yang tergelak-gelak. Saya dan jama’ah di sebelah berpandangan lalu serta merta menoleh ke belakang, dan selisih beberapa shaf ke belakang, terlihat beberapa anak sedang asyik ‘bermain’. Apa saja dimainkan. Menunjuk-nunjuk jama’ah yang mengantuk, “ngeplak” kepala kawannya, dan, ya itu tadi, tertawa tergelak seenaknya.

Heran, saya yang berjarak lumayan jauh dari anak-anak itu saja merasa terganggu. Lha itu jama’ah yang dekat anak-anak itu kok kelihatannya biasa-biasa saja ya? Yang ngantuk ya tetap ngantuk, yang khusyuk mendengarkan bertahan dengan posisinya. Weleh, kok bisa ya? Atau saya yang memang tidak punya bakat berkonsentrasi pada satu titik fokus di tengah keramaian? Mungkin juga.

Akhirnya saya kembali ke posisi awal, mendengarkan khutbah. Sesekali masih terdengar gelak anak-anak tadi. Dan yang makin menjengkelkan, kali ini disertai teriakan! Ternyata mereka memanggil kawannya yang masih ada di luar masjid. Saya dan anak-anak itu berada di lantai 2, dan kawan mereka masih kelayapan di pelataran masjid! Bayangkan betapa kencang teriakan anak-anak itu. Kali ini saya berlagak cuek saja, kendati makin terganggu.

Hingga khutbah selesai dan iqamat dikumandangkan, anak-anak itu masih tetap pada statusnya semula: BERISIK! Masya Allah.

Lalu, apa anak-anak tersebut tidak bisa ditegur? Jika alasan jama’ah di sekitarnya tidak menegur mereka adalah kekhawatiran akan rusaknya pahala Jum’at, teguran bisa dilakukan menggunakan bahasa isyarat. Misalnya meletakkan telunjuk di depan bibir. Kalau masih berisik juga, cubit sedikit, hehe… Atau kita pindah duduk ke dekat anak-anak tersebut, kalau perlu di tengah kelompoknya. Kalau masih juga berisik, bisa juga dengan memecah kumpulan anak itu. Anak ini di sini, anak itu di sana, lainnya entah di mana lagi. Intinya jangan berkumpul.

Intinya, agar amaliah Jum’at kita hari itu tidak rusak, jangan gunakan bahasa lisan secara frontal, misalnya “Ssstt!!” atau malah “Diam kamu!”. Apalagi kalau “Heeh berisik aja luh, gimana sih, gak khusyuk nih dengerin khutbahnya! Pergi aja sana!”.😀

Seperti yang bisa dibaca di sini, menegur orang yang berisik saat khutbah Jum’at ternyata diperkenankan, dan tidak akan merusak pahala shalat Jum’at, selama tidak menggunakan lisan. Jika menggunakan isyarat, insya Allah, maka pahala shalat Jum’at kita tetap utuh.


1 Response to “Shalat Jum’at dan Anak Kecil”


  1. 27 August 2008 at 09:19

    terima kasih sharing info/ilmunya…
    saya membuat tulisan tentang tidur ketika khutbah Jum’at…
    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/hidup-ini-memang-penuh-kelucuan.html

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: